Senin, 14 Maret 2011

Tugas Kelompok Sistem Operasi


1.             Accounting : proses yang dilakukan terhadap data yang ada pada account.
2.             Address : lokasi pada disk atau memory yang menunjuk dimana informasi tersebut berada.
3.             Administrator : system yg mengurusi untuk user.
4.             Algoritma : Urutan langkah -langkah penyelesaian masalah.
5.             Application code : adalah kode ditulis secara khusus untuk aplikasi yang dibuat dalam bahasa seperti Jawa. (Ini kode yang sama bisa saja dihasilkan di C # atau C + + juga.).
6.             Attachment : Fasilitas pada sebuah program e-mail baik program komputer maupun webmail yang dapat digunakan untuk mengirimkan file, atau gambar, yang di ikutsertakan pada e-mail yang akan di kirim.
7.             Asynchronous : Metode pengiriman data dengan cara data dikirimkan satu karakter tiap satuan waktu. Sinkronisasi akan dilakukan setiap kali karakter diterima dengan bantuan bit awal dan bit akhir.
8.             Backup : Salinan dari file program atau file data yang dibuat untuk memberi jaminan agar data yang ada tidak hilang atau terhapus apabila terjadi sesuatu pada file aslinya.
9.             Bad Block Table : Sebuah daftar dalam harddisk yang berisi lokasi block dalam disk yang rusak dan tidak dapat dipakai untuk menyimpan data. Sering pula disebut media detect line.
10.         Bandwith : Kapasitas transmisi dari sambungan elektronik seperti jaringan komunikasi, bus komputer dan komputer channel. Biasa dilambangkan dengan bit per second atau Hertz.
11.         Binary :  Dalam matematika berarti penomoran yang berbasis dua, misalnya menggunakan angka nol dan satu atau on dan off. Dalam format file, adalah berupa file yang berbentuk format apapun untuk data digital yang disusun berdasarkan kode bit yang bukan merupakan data yang bisa dicetak langsung. Dalam pemrograman, binary merupakan deskripsi dari operator yang diambil dari 2 argumen.
12.         Block : data fisik yang berisikan bit atau byte secara kontinue, dan berjumlah tetap dalam sejumlah karakter atau record dan dikirimkan dalam suatu kesatuan unit di dalam transmisi.
13.         Boot : dalam perangkat keras berarti proses mengaktifkan komputer sampai diambil alih oleh sistem operasi, yang disebut juga dengan istilah bootstrap.
14.         Broadcast : suatu proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit radio,jaringan,dan sebagainya
15.         BUS : Jalur komunikasi data dan instruksi antar prosesor ke/dari memori ram dan komponen yang ada
16.         BUG : kesalahan atau cacat dalam sebuah software atau hardware yang membuatnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
17.         Bootstrap : dalam perangkat keras berarti proses mengaktivkan computer sampai diambil oleh system operasi.
18.         Box : peti, kotak.
19.         Broadcast : proses pengiriman data satu arah.
20.         Bug : kesalahan. Istilah untuk sesuatu yang cacat/kesalahan pada software atau hardware yang membuatnya tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
21.         Burst mode : cara pengiriman data dengan cara mengumpulkan informasi, kemudian dikirimkan sebagai unit yang besar dalam sebuah jalur kecepatan yang tinggi.
22.         Bus : Jalur komunikasi data dan instruksi antar prosesor ke/dari memori ram dan komponen yang ada pada motherboard.
23.         Busy : kondisi suatu system sedang melakukan suatu proses, sehingga tidak dapat diganggu sampai dengan proses tersebut selesai dilaksanakan.
24.         Byte : satu byte adalah merupakan sebuah karaker yang dibangun dari tujuh atau delapan bit.
25.         Calls : di dalam pemrograman atau eksekusi perintah, call berarti suatu cara untuk memindahkan eksekusi program ke suatu perintah lainnya.
26.         Channel : suatu jalur komunikasi sinyal atau secara elektronik untuk pengiriman informasinya.
27.         Client : didalam computer jaringan, merupakan computer yang memanfaatkan sumber daya dalam jaringan yang disediakan oleh computer lainnya, yang disebut juga server.
28.         Clock : sumber utama dari pulsa elektronik computer. Clock digunakan untuk menyamakan semua elemen computer.
29.         Command control block : disingkat CCB, suatu kendali blok untuk jenis LAN IBM, CCB, dapat digunakan untuk menanyakan fungsi yang didefinisikan oleh direct interface.
30.         Compatible : istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan.
31.         Concurrency : kemampuan engerjakan lebih dari satu tugas dalam waktu yang bersamaan.
32.         Connection : koneksi, link antara dua entity.
33.         Cycle stealing : menunda operasi CPU untuk sebuah siklus operasi dalam urutan untuk member waktu menyelesaikan beberapa proses lamban.
34.         Daisy chain : teknik menghubungkanperalatan tambahan secara seri ke sebuah computer.
35.         Debug : melacak menurut program.
36.         Default : kegagalan, kelalaian.
37.         Dependency : ketergantungan suatu system dengan system lainnya dalam melakukan suatu proses, sehingga apabila suatu proses dijalankan, maka system lain yang dibutuhkan tersebut juga harus tersedia.
38.         Device : perangkat. Perangka nyata yang dikendalikan oleh chip controller di board system atau card.
39.         Device driver : merupakan perangkat lunak yang berfungsi sebagai penterjemah atau penengah dari sebuah program terhadap perintah yang dipahami oleh alat.
40.         Directory : atribut dari file yang berupa directory.
41.         Disk : piringan, media yang berbentuk piringan.
42.         Disk drive : alat tambahan yang digunakan untuk meletakan prirngan magnetic, memutar piringan dan menggerakkan head baca/tulis pada posisi yang diinginkan ketika mengakses informasi dalam disk.
43.         Download : menyalin data dari server secara remote. Mengambil file atau mentarnsfer ile dari satu computer ke computer lainnya.
44.         Driver : perangkat lunak pengendali perangkat.
45.         Encode : menyandikan suatu kode. Suatu metode untuk melakukan pengkodean ulang terhadap suatu data, sehigga data tersebut apabila dilihat tidak akan sampai dengan data aslinya.
46.          Entity : unsure aktif dalah salah satu lapisan protocol komunikasi model OSI.
47.         Entry : memasukkan, mencatatkan. Data data masukan yang diberikan atau diketikan ke dalam program melalui terminal selama berlangsungnya proses eksekusi.
48.         Ethernet : jaringan local untuk transmisi data antara computer yang terinterkoneksi.
49.         Exception : kekecualian, pengecualian.
50.         Feature : funsi atau kemampuan khusus yang ada pada suatu alat.
51.         File : arsip yang disimpan dalam suatu media yang terdiri dari kumpulankarakter dan didokumentasikan dalam bentuk data digital oleh computer.
52.         File system : metode pemberian nama file dengan cara menempatkannya ke dalam media penyimpanan, termasuk penempatan file pada struktur direktori.
53.         Firewall : dinding pembatas. Kombinasi dari hardware maupun softwareyang memisahkan sebuah network menjadi dua atau lebih bagian untuk alasan keamanan.
54.         First-come first-serve : disngkat dengan FCFS. Istilah lain dari firs in frist out, proses yang dilakukan adalah proses yang terlebih dahulu memasuki antrian.
55.         Flag : suatu bit atau byte yang digunakan sebagai penyimanan informasi tentang suatu kondisi.
56.         Forward : didalam penggunaan fasilitas software untuk email maupun sms istilah ini diartikan melanjutkan yang diterima kepada orang lain.
57.         Gateway : dalam pengertian tenis istilah ini mengacu pada pengaturan hardware mauoun software yang menterjemahkan antara dua protocol yang berbeda.
58.         Generate : membangkitkan, menghasilkan.
59.         Handler : suatu sub routine yangberfungsi untuk mengatur kegiatan dari suatu device.
60.         Handshaking : suatu cara pengontrolan aliran data antara dua perangkat lunak menggunakan sinyal RS232, dan handshaking perangkat keras pada umumnya menggunakan karakter control Xon dan Xoff.
61.         Hardware : perangkat keras suatu alat yang bias dilihat dan diraba oleh manusia secara langsung, yang mendukung proses komputerisasi.
62.         Head : merupakan suatu alat yang bekerja untuk mengakses data dari media storage.
63.         Host : computer atau perangkat lainnya yang terhubung dalam suatu jaringan
64.         I/O : singkatan dari input/output.
65.         Idle : tidak jalan, menganggur.
66.         Implementation : diterapkan.
67.         Index : hasil penggalian yang dibuat oleh software search engine.
68.         Input : masukan. Energi yang dimasukan ke dalam system.
69.         Instruction : perintah yang dijalankan oleh computer dalam menjalankan prosesnya.
70.         Interface : penghubung antara dua system atau alat.
71.         Interrupt : kejadian – kejadian sinkron yang merupakan tanggapan pemroses terhadap kondisi – kondisi tertentu yang memerlukan perhatian.
72.         Interrupt handler/ing : penanganan interupsi pada suatu system dapat mengorganisasi kerjanya.
73.         Interrupt request line : permintaan interrupt.
74.         Java : merupakan sebuah bahasa pemrograman yang mulanya dikembangkan oleh perusahaan  Sun Microsystems.
75.         Kernel : proses inti, berisi semua layanan yang disediakan system operasi untuk pemakai.
76.         Layer : lapisan (konsep) dalam networking.
77.         Library : kumpulan fungsi atau prosedur atau modul.
78.         List : daftar
79.         Load : memuat, mengisi. Proses pemuatan data ke dalam media storage.
80.         Login : proses memasuki system
81.         Magnetic disk : media penyimpanan data yang bentuknya merupai piringan dan pada permukaannya dilapisi dengan bahan kimia yang disebut dengan ironoxide.
82.         Magnetic tape : pita magnetic/
83.         Main memory : memori utama, bersifat volatile, tidak dapat mempertahankan data dari program yang disimpan bila sumberdaya energy listrik dihentikan.
84.         Mapping : pemetaan.
85.         Mask : suatu daerah yang ditentukan sebagai limit operasi pengeditan bagian dari citra.
86.         Maskable interrupt : interrupt yang bias ditandai interupsi tidak  bias muncul apabila sedang ditandai.
87.         Microprocessor : mesin kecil sebagai pemroses dan pengendali utama proses yang terjadi pada computer yang dibuat dalam bentuk chip.
88.         Network : merupakan jaringan antar computer yang menghubungkan satu computer dengan jaringan lainnya.
89.         Node : disingkat dengan N. titik yang dapat menerima input data ke dalam network atau menghasilkan output informasi atau kedua-duanya.
90.         Nonmaskable interrupt : interrupt yang tidak bias dicegah.
91.         Offset : posisi alamat pada segmen.
92.         Page fault : exception untuk permintaan alokasi.
93.         Pointer : penunjuk arah dalam komp
94.         Partition : Istilah untuk membagi kapasitas harddisk menjadi beberapa bagian
95.         Remote : salah satu layanan internet yang memunkinkan seseorang pengguna internet untuk mengakses ke sebuah remote host
96.         Swap : waktu transfer
97.         Switching : jaringan yg mengalokasikan sebuah sirkuit yg dedicated diantara nodes dan terminal utk digunakan pengguna utk berkomunikasi
98.         Super user : user disistem linux
99.         Sinkronisasi : Penyelarasan so
100.      Shell : program yang menjebatani user dengan SO dalam hal ini kernel

Rizki Annisa 10523364
Selvia Ningrum 10523354
Sarfina Happy 10523346
Siti Musarofah 10523358
Ainil Rahmah 10523365


1 komentar: